11 Tips Agar Tetap Bisa Makan Diluar Saat Diet

Kata siapa diet nggak bisa nongkrong bareng temen?
Diet bukan berarti sama sekali tidak boleh makan diluar. Berikut beberapa tips untuj tetap sehat meski makan diluar
 

1. Buah tetap yang utama.

Pesan terlebih dulu seporsi buah segar. Menyantap buah segar sebelum memilih menu utama mampu menekan keinginan untuk makan dalam porsi besar.

2. Jangan malu untuk bertanya bahan dan cara mengolahnya.

Jika sedang makan di restoran, jangan segan bertanya kepada pelayan tentang bahan-bahan yang digunakan untuk memasak sebuah menu yang ingin dipesan serta car memasaknya.

3. Pisahkan sambal.

Mintalah kepada para pelayan restoran untuk meisahkan sambal yang akan dihidangkan bersama dengan makanan. Kebanyakan sambal atau saus memiliki kandungan minyak dan lemak yang sedikit lebih banyak.

4. Jangan memaksakan diri untuk menghabiskan makanan.

Beberapa restoran terkadang menyajikan makanan dalam jumlah besar. Jika tidak mampu menghabiskan semuanya, jangan memaksakan diri menghabiskan seluruh hidangan dengan alasan sayang atau mubazir. Mintalah ke pelayan untuk membungkus makanan yang tersisa untuk dibawa pulang.

5. Say no to daging berlemak.

Hindari menu yang terbuat dari bagian daging berlemak dan makanan yang diolah dengan mentega. Pilihlah makanan berbahan dasar sayur atau ikan air tawar dan ikan laut yang diolah dengan cara direbus atau dikukus.

 

6. Beri jeda sebelum menyantap hidangan penutup.

Sediakan waktu kurang lebih 15 menit sebelum memesan hidangan penutup. Cobalah untuk mengonsumsi banyak buah, yoghurt, dan minuman seperti teh twwar dan jus tanpa gula maupun susu.

7. Sayur dan buah untuk pencuci mulut.

Jangan memesan hidangan pencuci mulut yang mengandung banyak lemak dan gula seperti kue coklat, cheese-cake, atau tiramisu. Sayur atau buah segar adalah pilihan yang baik.

8. Jangan sembarang memilih salad.

Jika memesan salad, mintalah agar dressing-nya dipisah. Sehingga bisa memperkirakan berapa banyak dressing yang akan dikonsumsi. Pilih salad berbahan buah dan sayuran segar tanpa daging. Agar aman dari lemak jahat, pilih salad dressing berbahan dasar minyak zaitun karena mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan.

9. Atur penggunaan gula dalam minuman.

Bila memesan jus buah, pisahkan gula dan campur sendiri sesuai kebutuhan. Kalian bisa mengganti gula dengan madu atau gula rendah kalori secukupnya.

10. Perhatikan saus dalam pasta.

Tak masalah jika ingin memesan pasta. Asalkan, Pilih saus tomat segar dengan jamur tanpa daging, atau saus marinara yang berbahan dasar seafood. Jika dibandingkan dengan daging, lemak yang terdapat pada seafood lebih sedikit.

11. Jangan sembarangan pilih restoran.

Jika masih ragu-ragu makan diluar, sejak awal pilihlah restoran berkualitas yang menyediakan menu khusus untuk pelanggan yang sedang berdiet, atau restoran yg mempersiapkan semua makanannya dari bahan yang sudah disebutkan pada tips – tips diatas.

Itulah tips bagi yang berdiet untuk bisa makan diluar rumah. Masih takut untuk makan diluar?

Selengkapnya…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *