Kabar Gembira, Yang Suka Makan Enak, Diet Yang Satu Ini Mengharuskan Anda Banyak Makan Ikan dan Buah,…

Image Courtesy of Warung Mina Group

Makin banyak tren diet baru yang bermunculan untuk membantu Anda memiliki berat badan ideal. Salah satu yang belakangan ini ramai dibicarakan adalah diet Nordik.
Diet nordik adalah diet rendah gula dan lemak, diet ini juga mengharuskan Anda untuk memperbanyak makan ikan dan makanan laut, Keunikan lainnya dari diet nordik adalah Anda juga harus makan lebih banyak buah-buahan beri.
Secara garis besar, panduan makan diet Nordik Keduanya sama-sama mengutamakan menu makanan protein nabati yang kaya akan karbohidrat kompleks, vitamin, mineral, serta antioksidan. Keduanya juga sama-sama membatasi asupan gula dan lemak jenuh alias lemak trans.
Lalu, apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan selama menjalani diet Nordik?
  • Yang harus diperbanyak: Buah-buahan berry, sayuran, kacang polong, kentang, biji-bijian, kacang-kacangan, roti gandum, ikan dan makanan laut, susu rendah lemak.
  • Yang boleh dikonsumsi secukupnya: daging giling, telur, keju, dan yogurt.
  • Yang tidak boleh dimakan sama sekali: minuman manis, gula tambahan, daging olahan, makanan dan minuman kemasan, dan makanan cepat saji.
Apa manfaat diet nordik?
1.      Menurunkan berat badan
Sebuah penelitian menemukan bahwa menjalani diet Nordik selama 6 bulan secara teratur mampu menurunkan berat badan hingga 23 kilogram, sementara diet lainnya hanya mentok turun 7,2 kg dalam rentang waktu yang sama.
2.      Menurunkan tekanan darah
  • Sebuah penelitian menunjukan bahwa diet Nordik menurunkan tekanan darah cukup drastis pada orang-orang obesitas dalam kurun waktu 6 bulan.
  • Beberapa penelitian lainnya juga melaporkan bahwa diet ini mampu membantu menurunkan trigliserida. Tingginya trigliserida dalam darah sering menjadi pertanda obesitas dan sindrom metabolik. Trigliserida tinggi juga meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, hingga pankreatitis akut.
3. Menurunkan risiko penyakit jantung
memperbanyak konsumsi buah-buahan beri dapat membantu menjaga berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung dibandingkan jika Anda tidak memakannya sama sekali. Pasalnya, buah-buahan beri termasuk tinggi kandungan antosianin.
Antosianin bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit kronis. Antosianin juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah karena membuat pembuluh darah jadi lebih elastis.

..

Selengkapnya…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *