Mas adalah desa yang berada di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, provinsi Bali, Indonesia. Desa ini berbatasan dengan wilayah Desa Batuan Kaler dan Desa Kemenuh di sebelah selatan, Desa Lotunduh di sebelah barat, Desa Teges dan Padang Tegal di sebelah utara, dan Desa Semampan, Tengkulak, Sukawati,Gianyar di sebelah timur.

Desa ini termasuk jalur wisata yang cukup padat yakni dari Sukawati menuju Ubud, atau menuju Goa Gajah dan Tampak Siring. Di Desa ini terdapat sebuah pura yang diyakini didirikan oleh para leluhur Bendesa Manik Mas. Puranya bernama Pura Taman Pule yang odalannya (perayaan hari besarnya) jatuh pada setiap hari Sabtu Kliwon Uku Kuningan. Masyarakat di daerah ini secara umum hidup dari kegiatan pertanian, kerajinan (ukiran dan patung kayu), dan kegiatan pariwisata lainnya.

Seiring dengan berkembangnya pariwisata di Desa Mas, saat ini Desa Mas tidak hanya menjadi tujuan wisatawan untuk mengunjungi dan berbelanja hasil seni yang dihasilkan oleh masyarakat desa terebut, melainkan juga menjadi tujuan wisata kuliner bagi wisatawan asing dan domestik. Dengan menjunjung tinggi nilai kearifan lokal, Warung Mina segera turut berpartisipasi bersama masyarakat dan pengusaha kuliner lainnya untuk menjadikan Desa Mas sebagai salah satu tujuan wisata kuliner terbaik di Bali.

Dengan demikian Mas akan menjadi destinasi wisatawan terlengkap yang mampu menyajikan beberapa aspek pariwisata; diantaranya, seni, adat, budaya, pertanian dan tentunya wisata kuliner.

 

Selengkapnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *